Pages

BEKSI GURU MUHAMMAD




Assalamualaikum Warohmaullahiwabarakatu

ane mo berbagi cerita niih tentang sejarahnya beksi.!
baca dewek dah ya..!

Aliran Beksi yang terkenal dengan kekuatan tangan dan kuda-kuda yang kokoh itu dibawa oleh seorang ulama dari negeri Cina bernama Syeh Daud Muhammad Tartar pada awal abad ke-20. Dalam sejarah kelahiran Purbakala lainnya, konon ada seorang bernama Tjang Ok mengembara ke tanah Betawi. Kebolehan Tjang Ok sebagai pendekar membawanya bertemu dengan jawara Betawi yang bernama Ki Mahali.

Dalam adu kebolehan, Tjang Ok menunjukkan kesaktiannya dengan mencelupkan tangannya ke dalam pasir panas atau minyak panas di penggorengan. Menghadapi kemampuan Tjang Ok, dengan tersenyum Ki Mahali mengangkat penggorengan berisi minyak panas itu lalu mengguyurkannya ke seluruh tubuhnya. Tjang Ok pun berlutut dan kemudian menjadi sahabat Ki Mahali.

Ki Mahali dan Tjang Ok menurunkan ilmunya ke Guru Muhammad Yahya, Sementara itu, Tjang Ok juga menurunkan ilmu silat Beksi kepada Haji Jalih. Haji Jalih menurunkannya ke Haji Maidih, yang selanjutnya menurunkan ilmunya ke Abdillah. Dari Guru Muhammad Yahya, Haji Maidih, dan Abdillah inilah Muhammad Nawawi yang sekarang Guru Besar PPS Purbakala belajar silat Beksi, yang telah diramu dengan silat Betawi.

Sebagai orang yang haus ilmu, Nawawi juga masih belajar kepada ayahnya, Haji Abdul Halim, dan juga kepada ayah mertuanya, Kyai Haji Guru Marzuki. Selain itu, ia juga belajar kepada Koh Liong dari Gang Tapekong, Pasar Baru, Ishak dari Kebayoran Lama, Ki Masyur dari Cikarang, Jawa Barat, Kyai Haji Muhammad di Kampung Pandawa Lima, Banten Kulon, dan Bapak Gusti Mukri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dalam perkembangannya, PPS Purbakala telah beberapa kali mengganti nama. Tahun 1974, perguruan ini sempat berganti nama dengan Purbekala yang memiliki kepanjangan Putra Beksi Kebayoran Lama, yang awal kelahirannya bernama PS Putra Beksi. Kemudian pada tahun 1979, perguruan ini berganti nama lagi menjadi Purbakala...

klo ada yg saleh" mohon maaf yeh..!


Wassalamualaikum Wr Wb


http://beksigurumuhammad.blogspot.com/